Z minta dibelikan tas baru Berhubung tidak ada momen khusus bundanya mengajak Z menyusun proyek agar bisa membeli tas

Z minta dibelikan tas baru. Berhubung tidak ada momen khusus, bundanya mengajak Z menyusun proyek agar bisa membeli tas.
Di proyek ini, tugas Z membereskan kamar sehari dua kali. Tiap kali usai melaksanakan tugasnya, ia akan mendapat 2 bintang. Targetnya 26 bintang karena 2 bintang dapat ditukar dengan uang 10rb.
Untuk mempercepat prosesnya, ia mau jual roti goreng di sekolah. Sesungguhnya, Z bukan anak yang biasa jajan. Ia hanya boleh jajan satu minggu sekali. Hal ini membuatnya sangat kesulitan memahami uang dan transaksi keuangan. Namun tujuan jualan ini memang bukan untuk cari untung. Dari bahan yang digunakan saja sudah pasti ga akan nutup modal. Tujuannya agar Z yang pemalu menjadi lebih berani, belajar tanggung jawab, mandiri, belajar bahwa untuk memperoleh sesuatu harus berusaha, tidak mudah menyerah, serta menghargai uang.
Dari semalam Z cemas karena takut tidak bisa menghitung kembalian. Oleh bunda, ia ditenangkan dan dibekali uang pecahan untuk kembalian.
Pagi tadi ia semangat menuliskan nama dagangan dan harganya. Kami berpesan agar ia membawa pulang kotak makan untuk membawa roti tsb.
Pulang tadi, ia tampak kurang happy karena dari 23 buah roti, masih sisa 6 buah. Sebenarnya laku banyak.
Namun ketika kami sama-sama melihat uangnya…. uangnya bukan bertambah, tapi berkurang separuh dari kembalian yang disiapkan bunda.
Z menangis karena ia merasa merugi dan salah. Ia takut ga bisa membeli tas idamannya. Kami semua menyemangatinya. Z sadar berjualan itu susah, dan mencari uang tidaklah mudah. Tapi ia masih semangat mau jualan lagi minggu depan.
Untuk kerja keras Z hari ini, Bunda beri bonus 3 bintang. Z pun semakin sumringah…
Zillion hugs and kisses untuk Z

2 thoughts on “Z minta dibelikan tas baru Berhubung tidak ada momen khusus bundanya mengajak Z menyusun proyek agar bisa membeli tas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *