Sebuah pidato yang sangat inspiratif dari Perdana Menteri Bhutan Tshering Tobgay yang berkomitmen untuk menjaga negaranya karbon netral

Sebuah pidato yang sangat inspiratif dari Perdana Menteri Bhutan Tshering Tobgay, yang berkomitmen untuk menjaga negaranya karbon netral. Bhutan dikenal sebagai negara yang punya Gross National Happiness yang paling tinggi di dunia. Bhutan GDPnya 2 miliar USD, Indonesia 932 miliar USD.
Pemerintahnya memberikan akses listrik gratis kepada petani di pelosok supaya tidak pakai ranting bakar, investasi transportasi yang berkelanjutan yaitu mobil listrik, mensubsidi konsumen untuk beli mobil listrik, LED, paperless, membersihkan lewat Clean Bhutan, dan menanam pohon lewat Green Bhutan. Mereka juga fundraising Transition Fund dengan nama Bhutan for Life untuk membiayai upaya konservasi mereka selama 15 tahun sembari mengumpulkan uang untuk bisa punya dana untuk membiayainya sendiri.
Memang mereka tidak sempurna karena pernah terjadi ethnic cleansing di negeri mereka terutama di 1980an dan 1990an dengan memindahkan 240 rb orang Lotshampa (keturunan Nepali di Bhutan yang tinggal di 3 kabupaten di selatan) ke negara-negara maju.
Mari kita ambil yang bagus, dan tinggalkan yang jelek 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *