Di tahun 1979 Michael Porter salah satu Professor di Harvard menuliskan sebuah teori tentang How Competitive Forces Shape Strategy

Di tahun 1979, Michael Porter, salah satu Professor di Harvard menuliskan sebuah teori tentang “How Competitive Forces Shape Strategy”.
Tentang bagaimana tekanan kompetisi membentuk strategi dari bisnis itu sendiri.
Porter telah melakukan analisa panjang, bahwa setidaknya, ada 5 tekanan besar yang akan menekan sebuah bisnis.
Teori 5 tekanan bisnis itu disebut dengan 5 Porter’s Forces Analysis.
Tekanan pertama ada pada pembeli. Pembeli akan selalu menuntut harga terbaik, kualitas terbaik dan layanan terbaik. Begitu ada yang bisa hadir lebih baik, pembeli akan pindah.
Tekanan kedua ada pada produk pengganti. Jika produk kita mudah digantikan dengan yang lain, atau sama saja, bisa saja pilihan market berpindah.
Tekanan ketiga ada pada supplier. Supplier akan selalu menaikkan target penjualannya. Mereka ingin membesar. Jika bisnis kita tidak membesar, maka supplier akan mensupply ke yang lain. Dan ini menciptakan kompetitor baru.
Tekanan keempat adalah dari pendatang baru. Anak baru dengan kegesitan dan biaya yang lebih efisien, bisa memporak porandakan pemegang status quo.
Tekanan kelima ada pada rivalitas pada lingkungan kompetisi. Banyaknya kompetitior dan morfologi para kompetitor, menjadi tekanan tersendiri bagi bisnis kita.
Daya Tekan Porter
Terimakasih Pak Koko mantan GM McD
#Bogorberdaya
#SuryaniAIKO

2 thoughts on “Di tahun 1979 Michael Porter salah satu Professor di Harvard menuliskan sebuah teori tentang How Competitive Forces Shape Strategy”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *